Saturday, June 21, 2008

Goreng Kering Ikan Bilis

Ini adalah salah satu oleh-oleh mama saya dari ranah minang. Kebetulan ikan bilis atau disana disebut ikan bilih. Konon katanya ikan bilih ini cuma ada di Danau Singkarak saja...unik ya ;)
















Bahan:
1/2 sdm ikan bilis kecil segar
Garam
vetcin (optional)

Cara membuat:
Cuci bersih ikan bilis, lumuri garam dan vetcin diamkan sebentar lalu goreng hingga kering

Sumber: Dapur Resep Recipes

Note:
  • Di jakarta susah ya cari ikan bilis yang masih segar, atau mungkin memang tidak ada. Tapi jangan kuatir saya sering menjumpai ikan bilis yang sudah kering dan sudah digoreng dijual dipasar-pasar tertentu terutama pedagangnya adalah orang minang yang menjual bahan-bahan masakan khas ranah minang.
  • Ikan bilis yang sudah kering itu bisa langsung dikonsumsi karena sudah digoreng. Tapi supaya lebih garing dan renyah, biasanya saya menggorengnya lagi. Caranya, apabila ikan bilis tersebut sudah asin atau terlalu asin, saya mencucinya lagi baru digoreng ulang. Atau sebaliknya apabila ikan bilisnya tawar, saya mencucinya terlebih dahulu lalu menambahkan garam dan vetchin (optional), lalu menggorengnya hingga kering.
  • Oh iya, ikan bilis ini juga enak untuk dibalado. Caranya giling halus cabe dan bawang merah, beri sedikit perasan air jeruk nipis, goreng hingga matang.
  • Untuk balado ikan billis, gorengan cabenya bisa juga ditambahkan deng petai atau jengkol goreng.

1 comment:

surya maulana said...

hm enak sepertinya, mau di coba ah resepnya :)