Saturday, June 14, 2008

Ikan Asam Manis

Entah kenapa akhir-akhir ini saya seneng sekali makan ikan. Kali ini saya ingin membagi resep ikan asam manis saya. Caranya mudah dan sederhana. Karena saya suka sekali tepung bumbu, hampir disetiap masakan bertepung saya tak lupa memberi tepung bumbu… ;”)









Bahan:
250 gr ikan kakap, fillet
1 sg bawang putih, parut
½ cm jahe, parut
1 bh perasan air jeruk nipis/lemon
garam
merica

Pencelup:
1 btr telur, kocok lepas
100 gr tepung maizena
100 gr tepung bumbu

Saus:
2 sg bawang putih, geprek
75 ml saus tomat botolan
2 sdm gula pasir
1 sdm tepung maizena, larutkan
perasan jeruk nipis/lemon
air

Cara membuat:

1. Cuci bersih ikan. Lumuri dengan perasan jeruk, garam, merica, bawang putih dan jahe parut. Simpan dalam kulkas min 1 jam.

2. Lumuri ikan dengan tepung maizena, lalu ketelur kocok, terakhir kedalam tepung bumbu. Goreng dengan api sedang hingga kuning keemasan. Sisihkan.

3. Saus: Tumis bawang putih hingga harum, masukkan saus tomat, air, gula pasir dan perasan jeruk nipis (sesuai selera), aduk. Terakhir masukkan larutan tepung maizena, aduk rata. Bila saus sudah meletup matikan kompor, siram ke atas ikan, sajikan hangat.

Untuk 3 porsi
Sumber: Dapur Resep Recipes

3 comments:

Anonymous said...

aku mau coba yang iniiii....:)

Anonymous said...

* bila saus sudah meletup *

rarti bakalan meledak dong mba

tumisan saus nya ?

LucySyarif said...

Huahahaha...iya ya :D

Nggak ding...kan kalo kuah kentel mendidih kalo bentuknya meletup-letup gitu...apa bahasanya ya...gitu deh ;p