Tuesday, June 17, 2008

Sambalado Tanak

Hari ini saya punya resep yang tidak biasa…
Semenjak resep papa saya di posting beberapa hari yang lalu, papa saya jadi senang memasak dan masakannya difoto…hihihi…juga karena mama saya sedang pulang kampung, mama adalah koki paling hebat dirumah ini, terutama masakan minangnya…hhmmm…nanti kalau mama saya sudah pulang pasti saya akan lebih sering membagi resep masakan minangya, tunggu ya… ;)










Bahan:
½ kg Jengkol (Rebus)/Pete/Pete cina tua
¼ kg Teri medan kering/Udang
1 ½ - 2 btr Kelapa, peras santan
1 butir air kelapa
2 – 3 bh Asam Kandis
1 lbr Daun Kunyit
1 bh Sereh, geprek
2 lbr Daun jeruk (jika suka)
Garam
Vetchin (jika suka)

Giling Halus:
¼ kg Cabe merah
20 bh Cabe rawit

Bumbu Halus:
3 – 5 sg Bawang Merah
1 sg Bawang Putih
1 ½ cm Kunyit
2 cm Jahe
2 cm Lengkuas

Cara Membuat:
  1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan cabe giling, daun kunyit, sereh. Aduk hingga harum
  2. Masukkan Teri/Udang
  3. Masukkan Santan dan air kelapa, aduk
  4. Masukkan jengkol yang sudah direbus dah dipotong sesuai selera, aduk, masak dengan api sedang
  5. Aduk terus agar tidak pecah santan
  6. Aduk hingga kering dengan api sedang
  7. Apabila sudah mengering, matikan kompor
Catatan
Gulai ini amat sangat pedas sekali. Hati-hati!!
Biasanya dimakan bersama telur rebus.
Air kelapa yang digunakan diresep adalah air kelapa dari kelapa parut yang kita ambil santannya.
Air kelapa bisa dimasukkan bersama santan atau diperas bersama kelapa.
Air kelapa digunakan untuk membuat manis masakan.

Sumber: Dapur Resep Recipes

No comments: