Sunday, June 29, 2008

Pisang Goreng dan Ketan

Pasti pada bingung ya, kok makan pisang goreng dengan ketan. Sebenernya saya juga nggak tau itu tradisi mana, mungkin tradisi kampung kedua orang tua saya, tapi mungkin juga bukan...hehehe...tapi no matter how, seru juga loh makan pisang pake ketan untuk sarapan pagi di hari minggu ini ;)
















Bahan:
Pisang Goreng:
1 sisir Pisang (ambon, tanduk, batu,dll)
150 gr Tepung beras
75 gr Tepung terigu
2 sdm Gula pasir
Air
Garam
Minyak untuk menggoreng

Ketan:
100 gr Ketan
2 lbr Daun pandan
½ butir kelapa, parut
Garam

Cara Membuat:
Pisang Goreng:
  1. Kupas pisang dan belah-belah jangan sampai putus hingga menyerupai kipas, sisihkan.
  2. Campur tepung beras, tepung terigu, gula, garam dan sedikit air, aduk hingga agak kental, sisihkan.
  3. Masukan pisang kedalam adonan hingga merata.
  4. Goreng pisang dengan api sedang hingga kuning kecoklatan, sisihkan
Ketan:
Aron ketan dengan air yang cukup, beri daun pandan dan sedikit garam hingga matang.
Sajikan ketan yang telah ditaburi parutan kelapa (yang sudah diberi sedikit garam) dengan pisang goreng hangat.

Untuk 4 porsi
Sumber: Dapur Resep Recipes

Note:
Pada dasarnya saya tidak suka pisang. Biasanya saya membuat pisang goreng untuk saya sendiri dengan cara memotong-motongnya hingga kotak-kotak kecil lalu menggorengnya dengan tepung yang banyak.

No comments: